YAUMUL IJTIMA' MWC NU BINONG, MINGGU, 29 JANUARI 2017, PUKUL 08.00 - 12.00 WIB, TEMPAT MASJID JAMI AL-MUWAHHIDIN KP. PAWELUTAN DESA CITRAJAYA

Minggu, 08 November 2020

TATA CARA RUQYAH

TATA CARA RUQYAH VERSI ASWAJA

Apabila ingin membuat air ruqyah untuk mengusir jin/setan yang ada pada jasad seseorang yang membuat timbulnya penyakit lahir ataupun batin dengan cara menyiapkan air 1 atau ½ gelas, lalu sebagian permukaan gelas ditutup dengan telapak tangan sambil didekatkan gelasnya ke mulut, lantas dibacakan ayat-ayat al-Qur’an sebagai berikut :

a. membaca Sholawat Thibbil Quluub
b. membaca surat al-Fatihah 1x, ketika ayat “iyyaaka na’budu wa iyyaaka nasta’in” diulang sebanyak 7x.
c. Ayat Kursi, ketika lafadz “walaa yauuduhu hifzhuhumaa wa huwal ‘Aliyyul ‘Azhiim” diulang sebanyak 7x.
d. Al-Ikhlas 1x.
e.Al-Falaq 3x, ketika sampai ayat “wa ming syarrin naffaatsaatifil ‘uqod” diulang 7x.
f. An-Naas 3x, ketika sampai ayat “alladzii yuwaswisu fii shuduurin naas” diulang 3x.

Setelah itu, udara dalam gelas tersebut dihirup lewat hidung dan dikeluarkan lewat mulut, lantas airnya diminum. Kemudian pegang perutnya, tarik sampai ke mulut seraya mengucap “Bismillaahi Alloohu Akbar.” 

Catatan :
1. Air ruqyahnya lebih baik jika dicampur dulu dengan serbuk bidara.
2. untuk menetralisir tempat angker, air ruqyah tadi bisa disemburkan/disiramkan di tempat yang disinyalir sebagai tempat angker.
3. Bila terjadi reaksi seperti pusing, mata berkunang-kunang, mual, gemetar, dan lain-lain, maka perlu ada RTL (Ruqyah Tindak Lanjut).
4, Bila kasus lumpuh atau penyakit menahun, sisa air ruqyahnya bisa dibasuhkan ke tempat yang sakit.
5. Untuk kasus sihir, ayatnya  boleh ditambah ayat-ayat pembatal sihir berikut ini :

وَاتَّبَعُوْا مَا تَتلُو الشَّيٰطِيْنُ عَلٰى مُلْكِ سُلَيْمٰنَ وَمَا كَفَرَ سُلَيْمٰنُ وَلٰكِنَّ الشَّيٰطِيْنَ كَفَرُوْا يُعَلِّمُوْنَ النَّاسَ السِّحْرَ وَمَٓا اُنْزِلَ عَلَى الْمَلَكَيْنِ بِبَابِلَ هَارُوْتَ وَمَارُوْتَ وَمَايُعَلِّمٰنِ مِنْ اَحَدٍ حَتّٰى يَقُوْلَٓا اِنَّمَا نَحْنُ فِتْنَةٌ فَلَا تَكْفُرْ فَيَتَعَلَّمُوْنَ مِنْهُمَا مَا يُفَرِّقُوْنَ بِهٖ بَيْنَ الْمَرْءِ وَزَوْجِهٖ وَمَا هُمْ بِضَٓارِّيْنَ بِهٖ مِنْ اَحَدٍ اِلَّا بِٳِذْنِ اللهِ وَيَتَعَلَّمُوْنَ مَايَضُرُّهُمْ وَلَايَنْفَعُهُمْ وَلَقَدْ عَلِمُوْا لَمَنِ اشْتَرٰىهُ مَالَهٗ فِى الْآخِرَةِ مِنْ خَلَاقٍ وَلَبِئْسَ مَاشَرَوْا بِهٖٓ اَنْفُسَهُمْ لَوْ كَانُوْا يَعْلَمُوْنَ ۝ (البقرة : ١٠٢)
Bacalah berulang-ulang lafadz yang digaris bawahi yakni “Wamaa hum bidhoorriina bihi min ahadin illaa bi idznillah.”

وَاَوْحَيْنَٓا اِلَى مُوْسٰٓى اَنْ اَلْقِ عَصَاكَ فَٳِذَا هِيَ تَلْقَفُ مَا يَأْفِكُوْنَ۝ فَوَقَعَ الْحَقُّ وَبَطَلَ مَا كَانُوْا يَعْمَلُوْنَ۝ فَغُلِبُوْا هُنَالِكَ وَانْقَلَبُوْا صٰغِرِيْنَ۝ وَاُلْقِيَ السَّحَرَةُ سٰجِدِيْنَ۝ قَالُوْٓا اٰمَنَّا بِرَبِّ الْعٰلَمِيْنَ۝ رَبِّ مُوْسٰى وَهٰرُوْنَ ۝.  (الأعراف : ١٢٢-١١٧)
Bacalah berulang-ulang lafadz yang digaris bawahi yakni “Wa ulqiyas saharotu saajidiin.”
فَلَمَّا جَٓاءَ السَّحَرَةُ قَالَ لَهُمْ مُّوْسٰٓى اَلْقُوْٓا مَٓا اَنْتُمْ مُلْقُوْنَ۝ فَلَمَّٓا اَلْقَوْا قَالَ مُّوْسٰى مَا جِئْتُمْ بِهِ السِّحْرُ اِنَّ اللهَ سَيُبْطِلُهٗ اِنَّ اللهَ لَا يُصْلِحُ عَمَلَ الْمُفْسِدِيْنَ۝ وَيُحِقُّ اللهُ الْحَقَّ بِكَلِمٰتِهِ وَلَوْ كَرِهَ الْمُجْرِمُوْنَ۝ (يونس : ٨٠-٨٢)
Bacalah berulang-ulang lafadz yang digaris bawahi yakni “Innalloha sayubthiluh.”

وَاَلْقِ مَا فِيْ يَمِيْنِكَ تَلْقَفْ مَا صَنَعُوْا اِنَّمَا صَنَعُوْا كَيْدُ سٰحِرٍ وَلَا يُفْلِحُ السّٰحِرُ حَيْثُ أَتٰى۝ وَاُلْقِيَ السَّحَرَةُ سُجَّدًا قَالُوْا اٰمَنَّا بِرَبِّ هٰرُوْنَ وَ مُوْسٰى۝ (طه : ٦٩-٧٠)
Bacalah berulang-ulang lafadz yang digaris bawahi yakni “Walaa yuflihus saahiru haitsu ataa..”

Catatan :
1. Sebelum melakukan prosesi ruqyah, terlebih dahulu peruqyah mempersiapkan hal-hal berikut :
 a.  berpakaian yang suci, begitu pula tempat dan media ruqyahnya pun harus suci.
 b.  meyakini bahwa al-Qur’an sebagai mukjizat sekaligus sebagai obat (syifa’)
 c.  menyarankan pasien perempuan (marqiyyah) agar menutup aurat dan memakai rangkapan celana panjang guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan saat reaksi marqiyyah terlalu frontal.
 d. menyiapkan plastik /tissu dan semcamnya (dikhawatirkan ada muntah atau kotoran semacamnya).
 e.  melepaskan benda-benda yang dianggap mempunyai kekuatan gaib (jimat dan sejenisnya), kaea dikhawatirkan terjadinya benturan energi sehingga membahayakan diri.
 f.   berwudhu terlebih dahulu
 g.  niat meruqyah yang danjurkan dan dibenarkan syariat yaitu :

اَلْفَاتِحَةُ بِالنِيَّةِ قِرَاءَةِ الرُّقْيَةِ لِأَجْلِ الْٳِسْتِعَانَةِ بِاللهِ لِشِفَاءِ جَمِيْعِ الْأَمْرَاضِ بِوَاسِطَةِ الْأٰيَاتِ الْقُرْآنِ كَمَا نَوَى اَهْلُنَا وَ اٰبَائُنَا الصَّالِحُوْنَ كَمَا نَوَى الشَّيْخُ حَمْدِيْ اِلَى الْمُنْتَهَى كَمَا نَوَى سَادَاتُ الصُّوْفِيَّةِ كَمَا نَوَى مَشَايِخُ النَّهْضَةِ الْعُلَمَاءِ اَنَّ اللهَ يُدْخِلُ نِيَّتَنَا فِيْ نِيَّتِهِمْ وَ اَعْمَالَنَا فِيْ اَعْمَالِهِمْ وَ قِرَائَتَنَا فِيْ قِرَائَاتِهِمْ وَاَنَّ اللهَ يَرْزُقُنَا الْفُتُوْحَ وَالْمُنُوْحَ وَ الرُّسُوْخَ وَصَلَاحِ الْجَسَدِ وَالرُّوْحِ وَالـتَّوْبَةَ النَّصُوْحَ وَاَنَّ اللهَ يَرْزُقُنَا الْعِلْمَ وَالْعَمَلَ وَيَحْفَظُنَا مِنَ الزَّيْغِ وَالزَّلَلِ، وَاَنَّ اللهَ يَغْفِرُلَنَا ذُنُوْبَنَا وَ يُذْهِبُ عَنَّا غَيْظَ قُلُوْبِنَا وَيُجِيْرَنَا مِنْ مُضِلَّاتِ الْفِتَنِ وَالْمِحَنِ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ وَاَنَّ اللهَ يَرْزُقُنَا الصِحَّةِ وَالْعَافِيَةَ وَالرَّحْمَةَ وَالْبَرَكَةَ وَعَلَى هٰذِهِ النِّيَّةِ وَلِكُلِّ نِيَّةٍ صَالِحَةٍ ..اَلْفَاتِحَةْ.  
 
 lalu menghadiahkan fatihah kepada :
 * Rasulullah saw
* Syaikh Abdul Qodir al-Jailani, Syaikh Bahauddin an-Naqsyabandi dan seluruh ulama sufi radhiyallohu ‘anhum.
* Yang mengijazahkan (‘Allamah ‘Alauddin Shiddiqy) dan seterusnya sebagaimana rangkaian sanad keguruan JRA.
Setelah itu membaca Sholawat Thibbil Qulub dan  ruqyah standar  yang disebutkan di atas, plus membaca  ayat perbentengan diri yaitu :
أَعُوْذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ.
أَعُوْذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّاتِ مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لَامَّةٍ 
أَعُوْذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّاتِ مِنْ غَضَبِهِ وَ عِقَابِهِ وَ مِنْ شَرِّ عِبَادِهِ وَ مِنْ هَمَزَاتِ الشَّيَاطِيْنِ وَ اَنْ يَحْضُرُوْنَ.
اَعُوْذُ بِعِزَّةِ اللهِ وَقُدْرَتِهِ مِنْ شَرِّ مَا اَجِدُ وَ اُحَاذِرُ (×٧).

h. memasrahkan  hasil ruqyah kepada ALLAH Ta’ala, sebab kesembuhan hanya berasal dariNya

 Sedangkan pasien yang hendak diruqyah (marqi/marqiyah) diinstruksikan untuk :
a, Membaca syahadat
b. Niatkan berobat dengan al-Qur’an
c. Siap  mengeluarkan semua penyakit/keluhan yang ada pada tubuh.
d. Pejamkan mata ( supaya lebih khusyu’ dan hadirnya hati, seraya tangan kanan sambil memegang perut.
Semoga bermanfaat.
(Cep Herry Syarifuddin, Nopember 2020)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar