YAUMUL IJTIMA' MWC NU BINONG, MINGGU, 29 JANUARI 2017, PUKUL 08.00 - 12.00 WIB, TEMPAT MASJID JAMI AL-MUWAHHIDIN KP. PAWELUTAN DESA CITRAJAYA

Selasa, 29 Agustus 2017

Joget Caisar, Korban Paham Wahabi

👉Caesar berjoget dan menghasilkan uang. Tiba2 berhenti karena hendak hijrah mengikuti syariat. Tampilan pun berubah, jenggot mulai panjang, celana mulai cingkrang.

👉Diapun alih profesi jauh dari urusan joget yang dianggap melanggar syariat. Persoalannya, profesi baru penghasilan seret, rejeki sulit. Kegiatan lama pun digeluti kembali untuk menghasilkan uang demi menghidupi keluarga. Cibiran mulai datang dan keluarga pun berantakan..

👉Sebagian orang berpendapat bahwa ia salah memilih guru, ada yang bilang pimplan, namun bagi saya, joget Caisar adalah korban paham WAHABI.

👉Kenapa paham WAHABI?  Karena Paham WAHABI lah yang mengharamkan musik, nyanyian, berjoget, menari dll.

👉Apakah semua umat Islam itu sepakat dengan paham Wahabi tentang itu? Tidak. Orang2 harus diberitahu, golongan dalam Islam itu banyak dan mereka punya sikap, pandangan yg berbeda dalam memperlakukan teks Qur’an dan Hadist. Pada tingkat yg ekstrim, berbagai golongan dalam Islam itu saling mengkafirkan.

👉Persoalan joget dan hijrah caisar adalah urusan kecil. Tetapi ini bagus dijadikan contoh untuk mengedukasi masyarakat akan dampak fatal paham WAHABI bagi kehidupan.

👉Paham wahabi adalah dunia lain, kaku, tertinggal, ekstrem, brutal. Paham ini kerap kali menuduh Golongan Islam yg lain sesat dan tidak jarang melakukan pembantaian atas Muslim yang lain dengan alasan menegakkan syariat. Akibatnya, paham ini banyak dipersoalkan oleh sesama golongan lain dalam Islam.

👉Sikap WAHABI yang ekstrim ini berangkat dari cara mereka dalam mengelolah teks Qur’an dan Hadist secara harfiah, literal, parsial. Mereka menolak penakwilan, penafsiran yang luas, apalagi metode perbandingan. Menolak eksplorasi teks dari pemaknaan filosofis dan mengabaikan intervensi akal.

👉Analoginya, wahabi memperlakukan teks Qur’an dan Hadist seperti ular menyerang mangsa, setiap yang melata dikira mangsa, main sergap telan bulat2 tanpa dikunya. Ia, jika yg disergap itu tikus, lahap. Jika yg disergap itu miniatur tikus berisi bom? Khan bongkar itu perut.

👉Berangkat dari pemahaman yg seperti itu, mereka kemudian memperluas tentang halal-haram, sesat-kafir, bid’ah sesuai pemahaman mereka. Ketika pemahaman yang sempit itu disambung dengan ayat perlunya menegakkan syariat, hal inilah yang menyebab terjadi bencana kemanusiaan.

👌Berikut sedikit contoh akibat fatal dari paham WAHABI:

➡ TECHNOLOGY HARAM, WAHABI FANATIK SERBU MASJIDIL HARAM .
Berapa orang di zaman ini yg tau bahwa  tempat paling sakral umat Islam yakni Masjidil Haram di kota Mekah itu pernah menjadi ajang saling bantai sesama Muslim?

Pada 20 November 1979, tepat hari pertama tahun 1400 menurut kalender Islam, -+ 400-500 orang dipimpin seorang radikal bernama Juhayman Al-Otaibi  menyerbu Mesjid Haram. Mereka menyandera ribuan Muslim yang sedang beribadah dan menutup mesjid dari dalam, lalu menempatkan ratusan penembak jitu diberbagai tempat.

Pemerintah Arab Saudi dibantu pasukan dari Pakistan, kemudian mengerahkan ribuan tentara, tank, kendaraan lapis baja, roket, granat, gas beracun guna melumpuhkan ratusan pemberontak. Setelah lebih dari 2 minggu pengepungan, pemerintah akhirnya melumpuhkan perlawanan pemberontak. Namun hal itu harus ditebus dengan ratusan orang tewas dan tetesan darah yang tumpah tepat ditempatkan paling suci.

Namun tahukah alasan mengapa Juhayman dan kelompoknya menyerbu Masjidil Haram? Saat itu pemerintah Arab Saudi telah memasukkan beberapa technology buatan Barat seperti Radio, Telephone, Televisi… ke negara mereka. Bagi kelompok Wahabi garis keras, berbagai produk buatan kafir tersebut adalah HARAM. Mereka menuduh pemerintah telah mencemari ajaran Islam, tidak lagi dapat dipercaya dengan memasukkan berbagai buatan kafir ke negara mereka. Inilah salah satu alasan mereka menyerang Masjidil Haram. (Lihat refensi)

➡ AKIBAT FATWA BUMI DATAR, BOKO HARAM BANTAI RATUSAN GURU GEOGRAFI.
Hari ini ilmu pengetahuan telah berkembang sangat pesat dan memungkinkan kita mengetahui hal yang sebelumnya masih buram. Seperti tentang bumi, ilmu pengetahuan telah memungkinkan kita mengetahui bahwa bumi itu bulat dan berputar pada porosnya selama 24 jam dalam 1 kali putaran hal inilah yang menyebabkan terjadinya siang dan malam.

Namun aneh bin Ajaib, disaat jutaan pesawat telah keliling dunia, ribuan satelit telah dikirimkan ke luar angkasa mengorbit bumi yang membuktikan bahwa Bumi itu bulat, tiba2 ulama pemegang hak fatwa tertinggi Wahabi di Arab Saudi, yakni Sheikh Abdul Aziz Ibnu Baz mengeluarkan fatwa bahwa Bumi itu datar dan diam. Bagi yang percaya Bumi bulat, berputar adalah kafir. What?

Tentu saja fatwa tersebut sangat konyol, absurd untuk ukuran kemajuan science saat ini. Namun itulah yang terjadi.

Lebih konyol lagi, adalah kelompok organisasi BOKO HARAM di Nigeria, hendak mengimplementasikan fatwa Ibnu Baz, mereka memburu para guru geografi yang mengajarkan science tentang Bumi Bulat dan membantai mereka.  Sejak berdiri 2009, BOKO HARAM dinyatakan telah membunuh lebih dari 600 guru, menculik lebih dari 2000 pelajar dari berbagai kawasan. Sebuah ketololan yang amat parah. (Lihat referensi)

Inilah dampak fatal akibat dogma yang didasarkan pada keyakinan agama yang dipahami secara salah,  namun harus ditelan bulat2, benar atau salah ikuti saja, karena ada neraka yang menati.

Diluar guru dan para pelajar, sejak berdiri tahun 2009 dengan cita2 negara KHILAFAH, tegakkan syariat, puluhan ribu masyarakat Nigeria menjadi korban keganasan organisasi tersebut.

Perlu diketahui, dimasa lalu telah banyak pemikir2 Islam yang membuat penelitian dan mengemukakan pendapat bahw Bumi Itu bulat sebagaimana yang dibuktikan science modern. So, pandangan Wahabi tersebut bertolak belakang dengan pandangan umat Islam pada umumnya. Haruskah kita mengikuti pandangan wahabi yang terbukti salah?

➡DENGAR MUSIK, NONTON TV, ISIS BUNUH REMAJA.
Siapa yang tak kenal organisasi ISIS di Irak dan Suriah dengan berbagai tindakan brutalnya? Puluhan ribu sesama Muslim menjadi korban akibat ulah kelompok ini dan sampai sekarang masih terjadi. Ulama2 SUNNI yang menolak ISIS dibantai, kaum wanita tahanan ISIS diperdagangkan bak barang dangagan dipasar. Orang dibakar hidupa2, dikubur hidup2 dan berbagai kebrutalan lainnya.

Saking brutalnya, banyak umat Islam yang sengaja membelokkan fakta dan mengemukakan bahwa ISIS bukan Islam. Padahal dari namanya saja sudah terang benderang ISLAMIC STATE IRAQ & SYRIA= Negara Islam Irak dan Suriah. Cita2 ISIS yakni membuat negara KHILAFAH syariat Islam. Apa mungkin non Muslim ingin mendirikan negara KHILAFAH syariat Islam?

Persoalannya, orang kebanyakan tidak paham bahwa ISIS berpaham Islam WAHABI. Bagi WAHABI, musik, nyanyian, tarian… adalah haram.  Bahkan masih ada wahabi yg meyakini bahwa nonton tv adalah haram. Ketika pemahaman ini disambungkan dengan perlunya menegakkan syariat, hal inilah yang menjadi alasan ISIS membunuh remaja yang ketahuan dengarkan musik, menonton TV di Mosul seperti dilansir berbagai media. (Lihat Referinsi)

Nah, kasus joged Caisar adalah salah satu yang dianggap haram oleh WAHABI. Beruntung Caisar hidup di Indonesia, coba jika hidup di Irak wilayah ISIS, bisa jadi bernasib sama seperti remaja Irak yang dengar musik dan nonton tv.

➡MENOLAK INTERVENSI AKAL
Salah satu musuh WAHABI ekstrem adalah intervensi akal. Inilah mengapa saat anda membantah mereka dengan argumentasi melibatkan akal, mereka mengatakan syariat lebih penting ketimbang akal. Pengingkaran terhadap intervensi akal ini pula, hal yang  membuat terjadi berbagai kebrutalan2 yang tidak mengenal perikemanusiaan.

Maka jangan heran, seorang muallaf baru2 ini membuat statement: panduan seorang Muslim adalah Al Qur’an dan Hadist, bukan AKAL. Yap, tidak salah lagi, adalah muda bagiku mengetahui bahwa ia terkontaminasi paham WAHABI. Statement tersebut jelas bertentangan dengan ayat Qur’an tentang pentingnya melibatkan akal:

“Yang mendengarkan perkataan lalu mengikuti apa yang paling baik diantaranya. Mereka itulah orang-orang yang telah diberi Allah petunjuk dan mereka itulah orang-orang yang mempunyai akal." (QS Az Zumar:18)

Sebagai muslim, tentu saja berpodoman pada Al Qur'an dan hadits, namun kita perlu bantuan AKAL untuk memahaminya. Bagaimana memahami Qur'an hadits tanpa akal? Jadi, orang2 yang mendapatkan petunjuk dari Allah, adalah mereka melibatkan AKAL dan memilih yang terbaik, bukan yang mengingkari AKAL.  Bagaimana mungkin, Allah memberikan kita akal, namun justru mengabaikannya? Konyol.

➡ BERBAGAI PRILAKU, AMALAN YANG DICAP HARAM, BID'AH

Berikut contoh beberapa diantara kegiatan kenegaraan, amalan keagamaan, seni budaya yang dianggap haram, bid'ah golongan WAHABI:
👉 Hormat/upacara bendera haram
👉 Nyanyi lagu kebangsaan haram
👉 Hening cipta haram
👉 Menari, joget haram
👉 Dengar musik haram
👉 Memajang photo dirumah haram
👉 Seni lukis haram
👉 Seni pahat membuat patung haram
👉 Bermain alat musik haram
👉 Penghasilan dari musik, seni haram
👉 Tahlilan bid'ah
👉 Peringatan maulid, Isra mi'rat bid'ah
👉 Ziarah kubur bid'ah
👉 Pagelaran seni wayang haram
👉 Ikut acara tahun baru haram
👉 Pakai Parfum bagi wanita haram
👉 PANCASILA, Demokrasi adalah thoghut.
👉 Dll

Bayangkan, saat beberapa poin yg saya sebutkan diatas itu  dihubungkan dengan perlunya penegakkan syariat versi WAHABI, hal tersebut akan memicu tindakan radikalisme yang dilakukan atas nama menegakkan syariat. Dan orang2 yang melakukan itu tidak akan meresa berdosa tapi justru merasa berjihad, Kenapa? Karena mereka yakin itu  atas perintah Allah. Dan lihat, kebrutalan itu terus terjadi, tidak ada penyesalan apalagi rasa berdosa. Akibat apa? Akibat dogma yang salah kaprah.

Perlu diketahui, sejak zaman Reformasi, puluhan bom telah meledak di bumi NKRI dan rata-rata pelakukanya dari pengikut paham WAHABI. Dan ketika bom meledak dimana2, terjadi kekacauan seperti kelakuan ISIS di Marawi Philipina, selalu umat Islam yang menjadi sasaran cemo’o. Orang2 tidak mengerti, paham radikalisme itu bersumber dari golongan WAHABI yang ditolak oleh mayoritas umat Islam itu sendiri

KESIMPULAN

Wahabi adalah duri, racun ditubuh Islam. Beberapa contoh diatas adalah sedikit dari banyak sekali berbagai kekonyolan, kebrutulan2 akibat paham dangkal WAHABI. Hal yang perlu diketahui, paham wahabi ditolak oleh golongan terbesar dalam Islam yakni SUNNI atau ASWAJA dan golongan SYIAH.

Bacalah sejarah perkembangan paham WAHABI, kita akan menemukan kenyataan bahwa paham ini telah menyebabkan ratusan ribu umat Islam terbantai dimasa lalu. ISIS yang menjadi mesin pembantai sesama Muslim masa kini berpaham WAHABI. BOKO HARAM yang membuat bencana kemanusiaan Nigeria berpaham WAHABI. DI/TII yg pernah mengoyak NKRI di masa lalu dengan menimbulkan puluhan ribu sesama anak bangsa mengikuti paham WAHABI.

Kedepan, selama paham ini menjamur di masyarakat, akan sangat sulit menghindari berbagai tindakan terorisme, brutalisme yang dilakukan atas nama syariat.

Saya ingin mengatakan, andaikan hal ini dapat dipahami, menolak paham kaku nan konyol wahabi, ada ribuan bahkan mungkin jutaan umat manusia dapat kita selamatkan dari teror paham dangkal WAHABI. Kita akan menciptakan Islam yang benar-benar rahmatan Lil Alamin dan Caisar serta para seniman lainnya tetap bisa mencari rejeki dari cara berjoget atau dari kegiatan seniman lainnya.

By: HH

Referensi:

1. Soal kisruh rumah tangga Caisar:
http://m.tribunnews.com/seleb/2017/08/22/disebut-menolak-nafkah-hasil-joget-dari-caisar-ini-penjelasan-indadari

2. Ketahuan Nonton Bola, ISIS bunuh remaja:
https://international.sindonews.com/read/952960/43/nonton-bola-di-televisi-isis-eksekusi-13-suporter-irak-1421725132

3. ISIS penggal orang akibat dengar musik: http://kaltim.tribunnews.com/2016/02/19/isis-penggal-kepala-seorang-remaja-gara-gara-ketahuan-dengar-musik-pop

4. Biografi Juhayman Al-Otaibi:
https://en.wikipedia.org/wiki/Juhayman_al-Otaybi

5. Penyerangan Mesjidil Haram:
https://en.wikipedia.org/wiki/Grand_Mosque_seizure

6. Boko Haram culik pelajar:
http://www.cnnindonesia.com/internasional/20150414173435-127-46633/amnesty-boko-haram-sudah-culik-2000-perempuan/

7. Boko Haram bantai Guru Geografi:
http://www.telegraph.co.uk/news/2016/04/11/why-nigeria-is-the-worlds-most-dangerous-place-to-be-a-geography/

8. Para pemikir Islam dengan teory bumi Bundar:
http://www.republika.co.id/berita/shortlink/38820

9. Menolak Baiat, ISIS bunuh 13 ulama SUNNI:
http://www.muslimedianews.com/2014/08/isis-bunuh-13-ulama-sunni-karena-tolak.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar